Tuesday, September 2, 2014

Hari terakhir...



Hari ini adalah hari terakhir kami berada di gampong baro Nyong. Tempat yang sudah satu bulan kami tinggali. Suasana sepi tanpa polusi, panorama persawahan, keramahan masyarakatnya, anak-anak yang ceria dan bersemangat, mungkin akan sulit untuk kami lupakan. Sedih rasanya harus meninggalkan kampong ini. Sedih harus meninggalkan rumah, bapak dan ibu, adik-adik, tapi hari ini memang sudah dijadwalkan bagi kami untuk segera meninggalkan kampung baru kami.
Dari semalam kami sudah mulai membereskan barang-barang untuk kembali ke Banda Aceh. Malam ini adalah malam terakhir kami menginap di rumah ini. Meninggalkan malam yang terasa cepat sekali berlalu. Dan hari ini pun tiba. Kami menyempatkan diri untuk mengelilingi kampong, berpamitan dengan warga gampong, mengucapkan terimakasih, meminta maaf, dan meminta izin untuk kembali ke Banda Aceh, melanjutkan studi kami yang besok akan kembali berjalan, setelah lama kami tinggal berlibur. Tidak banyak yang bisa kami beri untuk kampong ini, mungkin hanya segelintir barang-barang hasil dari program-program KKN. Tapi banyak yang telah kami dapatkan, banyak yang telah kami terima, banyak yang telah kami alami. Bahwa sebenarnya banyak hal-hal yang baru akan dikenang, baru akan diingat, baru akan terasa keberadaannya, ketika hal tersebut hilang dari hadapan kita. Semoga semuanya bisa memberikan hikmah dan pelajaran untuk perjalan hidup kami selanjutnya.
Tepat pukul 11.30 kami berangkat ke banda Aceh. Selamat tinggal gampong Baro Nyong, semoga kami bisa mengunjungimu lagi secepatnya.

No comments:

Post a Comment